-->

Secret Advice, Insight, and Guides to Make Money and Be Succes

Ambyar, Faldo Maldini Gagal Calonkan Diri Jadi Gubernur Sumbar

Ambyar, Faldo Maldini Gagal Calonkan Diri Jadi Gubernur Sumbar
Faldo Maldini yang merupakan ketua DPW PSI yang juga bakal calon gubernur Sumatra barat dipastikan gagal untuk ikut Pilgub karena terkendala regulasi usia

Bersama Tsamara Amany, Dara Adinda Kesuma Nasution, dan Cakra Yudi Putra di bawah PSI, mantan jubir Prabowo Sandi ini menggugat regulasi ini

Mantan politikus PAN itu menggugat ketentuan Pasal 7 ayat 2 huruf e UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2019 tentang batas usia pendaftaran yang menyatakan
...berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur serta 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota.

Faldo menggugat pasal tersebut lantaran kurang satu hari untuk bisa ditetapkan sebagai calon gubernur bila mengikuti Pilgub Sumbar 2020. Usianya baru 29 tahun.

"Niat ada untuk Pilgub Sumbar. Kalau ada gugatan ini, ya kurang sehari saya. Penetapan calon 8 Juli, umur saya itu ulang tahun 9 Juli, kurang sehari gimana mau daftar kalau timeline nggak diundur, saya nggak bisa daftar," kata Faldo saat mengajukan guguatan di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/9) lalu.


"Sebab, pemenuhan hak atas persamaan perlakuan di hadapan hukum dan pemerintahan yang dijamin oleh konstitusi," sambungnya.

Ketua DPW PSI Sumatera Barat ini mengatakan tetap akan berjuang untuk Sumbar meski tak bisa maju di Pilgub 2020. 


"Apa yang saya sudah lakukan di Sumbar lanjut terus. Tidak akan berhenti gara-gara putusan ini. Sumangaik Baru (Semangat Baru) akan bekerja terus. Saya yakin PSI memperjuangkan revisi UU Pilkada terkait batas usia di parlemen bila kami nanti dipercaya ke DPR oleh publik. Masih ada pertarungan politik," Ujar Faldo.