MENU

Android Sudah Mati Saat Battery Masih Tersisa, Simak Penjelasannya

Android Sudah Mati Saat Battery Masih Tersisa, Simak Penjelasannya
Batre anda masih tersisa sekitar 15-20%, lalu smartphone anda secara mendadak mati, tentu ini adalah hal yang anda kesalkan karena anda berfikir bahwa Android anda baru akan mati saat batre berada diambang 0%

Lalu adakah cara memperbaiki jika hp Android anda sudah kedulu off saat batre masih ada tersisa ?
Jawaban nya tidak ada, 

Pertama yang harus anda ketahui, Apa pun teknologi atau perusahaan ponsel Anda, persentase baterai di sudut layar Anda hanyalah perkiraan.  
Tidak ada sensor terpasang di dalam baterai.  Alih-alih, algoritma ini sebenarnya dirancang untuk mengukur tingkat penggunaan baterai tergantung pada tegangan yang dipancarkannya.  

Metode ini sama seperti jika Anda mengukur air dalam tong dengan memperkirakan jumlah total air dan laju air yang mengalir keluar dari lubang di samping atau keran.

 
Meskipun teknik ini cukup berguna dalam sebagian besar kasus, sayangnya, ini bukan indikator yang sempurna untuk masa pakai baterai.  
Ada banyak faktor yang diabaikan oleh algoritma ini, seperti jenis baterai, kondisi lingkungan, dan aplikasi yang digunakan, dll. 

Bahkan Algoritma ini menjadi lebih tidak akurat dan berlebihan ketika ponsel Anda menjadi tua.  Kristal di dalam baterai berada dalam kondisi semi-kerja, dan beberapa di antaranya bahkan rusak.  Ini mengurangi kapasitas baterai sambil membuat algoritma estimasi lebih akurat.

Alasan lain bisa jadi bahwa bahkan setelah dimatikan, telepon Anda masih membutuhkan daya untuk melakukan fungsi latar belakang, sehingga menyimpan sebagian daya baterai untuk digunakan nanti.  

Jangan lupa bahwa memang perlu kekuatan untuk mematikan dengan benar sejak awal.  Telepon memiliki berbagai proses dan aplikasi yang terjadi di latar belakang.  Sangat penting bahwa ponsel dimatikan dengan bersih setelah menulis semuanya ke penyimpanan permanen atau cloud.

Beberapa baterai juga mati lebih awal daripada yang lain karena dirancang untuk melakukannya.    
Mematikan "awal" memungkinkan pengisian daya yang cukup untuk tetap berada di dalam baterai sambil mencegahnya mati.  

Bahkan Sebagian besar baterai diprogram untuk mendeteksi ini dan mematikan daya baterai sebelum mencapai nol absolut.