-->

Secret Advice, Insight, and Guides to Make Money and Be Succes

Ketahuan, Aplikasi ToTok Digunakan Untuk Memata matai Pengguna nya

Ketahuan, Aplikasi ToTok Digunakan Untuk Memata matai Pengguna nya
Semakin maju zaman maka semakin tergantung pula kita dengan yang namanya aplikasi, memang mempermudahkan kehidupan namun ada sisi rahasia dibalik sebuah aplikasi ternama


Baru beru ini terungkap bahwa Aplikasi perpesanan populer yang dikenal sebagai ToTok telah dituduh sebagai alat mata-mata rahasia, bahkan berita ini langsung diangkat Oleh media ternama New York Times.


Aplikasi, yang telah diunduh jutaan kali di ponsel Apple dan Android, berjanji untuk memberi pengguna cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi melalui video, suara, dan obrolan teks.
Namun pejabat Amerika Serikat mengatakan kepada New York Times bahwa penilaian intelijen rahasia menunjukkan bahwa ToTok sebenarnya dijalankan oleh Uni Emirat Arab (UEA) untuk menyadap dan memata matai warga UEA dan juga pejabat politik."


Mereka yang mengunduh ToTok akan memberinya akses, antara lain, mikrofon, kamera, kontak, kalender, dan data lokasi mereka.


ToTok menjadi sensasi di UEA mengingat negara saat ini membatasi fungsionalitas aplikasi seperti Skype dan WhatsApp.  Tetapi fakta bahwa UEA memungkinkan aplikasi ini berfungsi tanpa batasan juga menimbulkan kecurigaan bagi Amerika.

Para pejabat AS juga percaya bahwa pengembang ToTok, Breej Holding Ltd., sebenarnya adalah perusahaan shell untuk perusahaan intelijen yang berbasis di Abu Dhabi, DarkMatter, yang bekerja dengan pemerintah UEA yang memata matai pengguna dengan aplikasi ini.

Patrick Wardle, mantan karyawan Badan Keamanan Nasional (NSA) dan pendiri perusahaan keamanan Objective-See, menganalisis ToTok dan menemukan bahwa ia mengumpulkan data hanya dengan meminta akses seperti kebanyakan aplikasi lain.

"Anda tidak perlu meretas orang untuk memata-matai mereka jika Anda bisa membuat orang mau mengunduh aplikasi ini ke telepon mereka," kata Wardle kepada New York Times.  "Dengan mengunggah kontak, obrolan video, lokasi, kecerdasan apa lagi yang kamu butuhkan?"

Saat ini pantauan djoeang, Google dan Apple menghapus ToTok dari toko aplikasi masing-masing minggu ini sebelum publikasi New York Times.

Para ahli seperti Wardle sekarang mendesak siapa pun yang mengunduh aplikasi untuk segera menghapusnya dari ponsel mereka.

Sementara itu ToTok telah menolak untuk mengomentari tuduhan tersebut tetapi mengklaim dalam sebuah posting di situs webnya bahwa aplikasi tersebut dihapus dari Google dan toko Apple karena "masalah teknis."