-->

Secret Advice, Insight, and Guides to Make Money and Be Succes

Xiaon Qian : Utang Masih Kecil, Tak Masuk Akal China Kuasai Indonesia

Xiaon Qian : Utang Masih Kecil, Tak Masuk Akal China Kuasai Indonesia

Ketergantungan pemerintah Indonesia kepada china membuat publik mulai berspekulasi apakah dengan bermodalkan utang maka Indonesia bisa dikuasai oleh Negeri tirai bambu tersebut


Berkenaan hal itu Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian membantah. Menurutnya, anggapan tersebut tidak berdasar dan tak masuk akal bahwa china akan menguasai Indonesia dengan investasi dan utang yang mereka berikan ke negara


"Memang ada sebagian orang tidak tahu kondisi sebenarnya, tapi juga ada orang dengan sengaja memutarbalikkan fakta ,"  ujarnya membantah spekulasi tersebut


Bahkan dia menyebut China bukan pemberi utang terbanyak untuk Indonesia. Proporsi utang dari China di utang luar negeri Indonesia masih terbilang kecil.


"Obligator terbesar Indonesia bukan China, urutannya yang besar Singapura, Jepang, Amerika Serikat kemudian Bank Dunia. Kalau Singapura US$ 66,497 miliar, US$ Jepang 29,428 miliar, AS US$ 22,467 miliar, Bank Dunia US$ 17,78 miliar, China hanya US$ 17,756 miliar," rincinya.


Selanjutnya, di porsi utang pemerintah, Amerika Serikat disebutkannya menyumbang pinjaman paling banyak yaitu sekitar 12,64%.


"Utang pemerintah Indonesia yang totalnya sebanyak US$ 194,355 miliar di antaranya AS mengambil porsi paling banyak sekitar 12,64% dengan US$ 24,39 miliar, kemudian Jepang, Jerman dan Perancis,utang terhadap China hanya US$ 1,695 miliar belum sampai 1%.


Dari situ, dia menyimpulkan bahwa anggapan China bisa menguasai Indonesia itu tidak masuk akal. "Yang disebut China menguasai Indonesia melalui utang atau investasi sama sekali tidak masuk akal," tegasnya.